Keunggulan Linux

Posted: May 15, 2010 in Kumpulan Atikel
Tags:

Selain mewarisi karakteristik Unix, Linux sebagai sebagai system operasi juga memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan system operasi lain. Bahkan penulis berpendapat bahwa Linux bisa dikatakan sebagai system operasi terbaik yang pernah ada.

Berikut ini beberapa alasan kenapa penulis berpendapat bahwa Linux adalah system operasi terbaik.

1. Free dan Open Source
Dibangun dengan lisensi GNU General Public License pada kernelnya, menjadikan Linux sebagai system operasi yang Open Source.
Open Source memiliki makna bahwa setiap orang bebas mengetahui, memodifikasi kode sumber (Source Code) yang ada pada kernel Linux, serta mendistribusikannya.
Beberapa versi distribusi Linux adalah system operasi yang gratis dan bebas untuk dimodifikasi dan didistribusikan kembali meskipun ada beberapa versi distribusi Linux yang bersifat komersil, tapi pada dasarnya Linux adalah system operasi yang Free dan Open Source.

2. Fasilitas Aplikasi Yang Lengkap
Linux dilengkapi dengan puluhan apliaksi multimedia dan aplikasi pengembangan software seperti C, C++, Java, Python, Perl, Ruby, dan lain-lain dalam paket CD/DVD instalasinya.
Hanya dengan sekali install anda bisa mendapatkan semua aplikasi tersebut secara Free dan Open Source. Bisa anda bayangkan, jika menggunaka system operasi yang mengharuskan anda membeli compiler C/C++ agar bisa digunakan pada system, maka anda harus mengeluarkan biaya sampai ribuan dollar.
Ada sebagian orang lebih memilih system operasi lain yang lebih familiar dengan melengkapinya dengan aplikasi tambahan yang didapat dari software bajakan. Jika bisa mendapatkan yang gratis, kenapa harus menggunakan yang bajakan?

3. Stabil dan Tangguh
Linux adalah system operasi yang luar biasa stabil. Jika anda melakukan konfigurasi yang benar pada sistemnya, Linux akan “hidup” terus sampai hardware anda rusak, listrik padam atau sampai anda melakukan shutdown pada system.
Linux adalah system yang tangguh, karena mampu bekerja selama ratusan hari tanpa ada kendala jika dikonfigurasi dengan benar. Berbeda dengan system operasi lain yang memiliki aturan harus di-restart dan di-install ulang secara berkala untuk menjaga system agar tetap stabil.
Aplikasi yang crash tidak akan membuat system Linux menjadi hang atau down. Jika ini terjadi pada system operasi lain, mungkin system akan hang atau bisa saja anda harus melakukan booting ulang pada system agar kembali normal.
Hal seperti ini sebenarnya merupakan kondisi yang tidak bisa ditolerir oleh seorang user. Apalagi jika system operasi tersebut difungsikan sebagai server yang harus bekerja selama 24 jam. Sungguh suatu hal yang sangat merepotkan.

4. Ideal Menjadi Server
Ketangguhan dan system yang stabil, membuat system operasi Linux sangat ideal untuk diposisikan sebagai server dalam sebuah lingkungan jaringan.
Linux menjadi pilihan utama oleh para Administrator jaringan sebagai system operasi yang menjalankan server seperti Web server, FTP server, database dan sebagainya.
Selain stabil Linux juga memang menyediakan beberapa fasilitas yang dibutuhkan untuk membangun server jaringan dalam paket instalasinya. Seperti database PostgreSQL Apache server Squid Proxy, Static Routing Firewall, dan sebagainya.

5. Paket Distribusi Yang Bervariasi
Linux juga menyediakan bermacam pilihan dalam paket distribusinya atau yang umum disebut Distro. Hal ini disebabkan karena Linux memiliki status Open Source sehingga bermunculan beberapa versi distribusi yang berbeda sesuai dengan distro-nya . hingga saat ini beberapa versi dari berbagai distro yang sudah banyak dikenal antara lain seperti Mandriva, CentOS, Ubuntu, Back Track, Fedora dan sebaginya.

Advertisements

Comments are closed.