Karakteristik Linux

Posted: May 15, 2010 in Kumpulan Atikel

Sebagai sistem operasi yang merupakan turunan Unix, maka linux mewarisi karakteristik yang dimiliki oleh Unix. Berikut ini beberapa karakteristik milik Unix yang diwarisi oleh Linux.

1. Ready for Network

Pada awalnya Unix memang dikembangkan untuk sistem komunikasi antar computer dalam jaringan. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa Linux sebagai turunan Unix memang lebih unggul dalam bidang jaringan computer.

2. Multitasking

Multitasking merupakan suatu mekanisme dimana suatu system operasi memiliki kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu proses yang berbeda dalam waktu yang bersamaan tanpa saling mempengaruhi.
Misalnya seorang user menjalankan aplikasi pengolah kata dan aplikasi pengolah angka dalam waktu yang bersamaan. Kedua proses dapat saling berjalan tanpa saling terganggu.

3. Multiuser

Multiuser merupakan suatu mekanisme dimana suatu system operasi bisa digunakan oleh lebih dari satu user yang login ke dalam system pada waktu yang bersamaan.

4. Aman

System operasi Linux memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan system operasi lainnya. Hal ini disebakan mekanisme multiuser milik Linux yang menerapkan aturan permission pada manajemen user dan groupnya.
Dengan adanya permission, setiap user memiliki hak yang berbeda dalam mengakses file dan direktori, dikarenakan setiap user dan group terpisah antara satu dengan yang lainnya. Seorang user tidak bisa melakukan modifikasi suatu file milik user lain tanpa ada ijin dari user yang bersangkutan.

5. Line / Text Command Line

Metode Line / Text Command Line ini mirip dengan DOS pada Windows, tapi bukan berarti system operasi Linux tidak memiliki tampilan GUI (Graphical User Interface).
Menurut orang-orang yang sudah biasa menggunakan Linux, kemapuan sebenarnya Linux bukan pada GUI-nya tapi pada Command Line-nya.

Advertisements

Comments are closed.